1. Kalimat nomina adalah sebuah kalimat yang memiliki predikat yang bukan merupakan kata kerja atau verba, melainkan predikat dalam bentuk nomina, adjektif, atau adverbia. Lalu kemudian dalam kalimat nominal pasti akan menggunakan verba to be yang disesuaikan bentuknya dengan aspek masa dan subjeknya. 

Kenapa disebut kalimat nomina karena kalimat yang tidak menggunakan kata kerja (verb) tetapi menggunakan kata kerja bantu (auxiliary verb) dari kelompok “to be”, diantaranya is, am are, was, were dan be

Noun memiliki fungsi sebagai berikut:
  1. Sebagai subjek di suatu kalimat. 
  2. Sebagai objek pelengkap di suatu kalimat. 
  3. Sebagai objek langsung (direct object)
  4. Sebagai objek tak langsung (indirect object)
  5. Sebagai kata keterangan (preposition)

2. Verb menurut grammar bahasa Inggris adalah kata kerja yang merupakan kata yang menunjukkan pekerjaan, perbuatan, dan keadaan subjek. 
Contoh: Run (lari), sleep (tidur), eat (makan), talk (berbicara).

Kenapa disebut verb? Verb menggunakan kata kerja (verb). Kata kerja tersebut bisa berupa present form (v1), past form (v2), present participle form (v3) maupun verb-ing.

Fungsi Verb atau kata kerja dalam sebuah kalimat di gunakan untuk mengidentifikasikan ataupun menjelaskan perilaku dari si pelaku (subjek dalam kalimat) ataupun menjelaskan peristiwa dan keadaan.

3. Descriptive adjective adalah adjective (kata sifat) yang mendeskripsikan detail dari suatu Noun (kata benda) yang dapat berupa berupa orang, benda, hewan, tempat dan konsep abstrak.

Fungsi Descriptive adjective  digunakan untuk menjelaskan ukuran, warna atau bentuk dari seseorang, benda, binatang  atau sebuah tempat. Yang memberikan informasi lebih jelas dan rinci mengenai sebuah benda yang dijelaskannya tersebut.
4. Adverbia adalah kelompok kata yang berfungsi memberikan keterangan pada verba (kata kerja), adjektiva (kata sifat), nomina predikatif (kata benda yang dalam kalimat berfungsi sebagai predikat), dan sebagainya.

Fungsi: 
1. Menyatakan sesuatu yg hendak terjadi (akan)
2. Menyatakan sedang berlangsung baru)
3. Menyatakan belum lama berselang (baru saja)
4.dalam keadaan belum selesai atau sedang berlangsung (masih)
5. masih dalam melakukan sesuatu ( sedang)
6. Menyatakan atau perbuatan atau keadaan yg sempurna, lampau atau selesai. (Telah/sudah)




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kliring

Spot Foto-foto di Bogor yang Instagramable Jangan Sampai Kamu Lewatkan

Tempat Wisata kuliner hitz di Bogor yang wajib kamu kunjungi