BAB I. IBD SEBAGAI SALAH SATU MKDU
MAKALAH ILMU BUDAYA DASAR
‘‘IBD SEBAGAI SALAH SATU MKDU ”
DISUSUN OLEH:
CINDY PRATIWI (11116625)
KELAS:1KA05
Segala puji dan syukur kehadirat Allah SWT, yang telah
memberikan taufik, hidayah, rahmat, dan berkah serta kesempatan kepada kami
selaku penulis dalam menyusun makalah ini, sehingga kami dapat menyelesaikan
penyusunan makalah Ilmu Budaya Dasar
Tujuan dari penyusunan makalah ini adalah untuk
memenuhi tugas Ilmu Budaya Dasar Selain itu makalah ini juga sebagai
pengetahuan tambahan bagaimana bentuk serta tugas mengenai “IBD sebagai salah
satu MKDU”
Kami ucapkan terimakasih banyak kepada pihak yang telah
membantu dalam penyusunan makalah ini. Dan juga memberikan doa, sehingga kami
dapat menyusun dan menyelesaikan makalah ini.
Kami
menyadari bahwa penyusunan makalah ini tidak terlepas dari banyak kekurangan.
Oleh karena itu, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Kami berharap agar
makalah ini dapat bermanfaat bagi kami khususnya, dan bagi pembaca pada
umumnya.
Depok, April 2017
Penyusun
Daftar Isi
Kata
Pengantar............................................................................................
…....
Daftar
Isi............................................................................................................
Bab 1
Pendahuluan.....................................................................................
…....
1.1.
Latar Belakang..................................................................................
1.2.
Batasan
Masalah...............................................................................
1.3.
Tujuan................................................................................................
Bab 2
Pembahasan.............................................................................................
2.1. Ilmu Budaya Dasar Sebagai Salah Satu
MKDU..............................
A. Pengertian Ilmu Budaya
Dasar...........................................................
B. Tujuan
IBD.........................................................................………….
C. Kelompok Ilmu pengetahuan...............................................................
D. Persamaan dan perbedaan IBD dan
IPS……………………………..
E. Ruang Lingkup
IBD............................................................................
Bab 3
Kesimpulan.........................................................................................
…
3.1.
Kesimpulan......................................................................................
Daftar
Pustaka...............................................................................................
BAB I
Ilmu Budaya Dasar
merupakan salah satu mata kuliah dasar umum (MKDU) yang merupakan mata kuliah
wajib di semua perguruan tinggi,baik yang sifatnya eksaksa maupun noneksakta.
Secara khusus MKDU bertujuan meghasilkan warga negara sarjana yang berkualitas
sebagai berikut:
1.
Berjiwa pancasila
2.
Takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa
3.
Memiliki wawasan komperensif
4.
Memiliki wawasan budaya yang luas
5.
Memiliki rasa tenggang terhadap sesama
Dalam makalah ini adapun batasan-batasan masalah, yaitu
:
1.
Pengertian IBD
2.
Tujuan IBD
3.
Perbedaan dan
persamaan IBD dan IPS
4.
Ruang lingkup IBD
Tujuan dari penulisan
makalah ini, yaitu agar mahasiswa dapat memahami hakekat dan fungsi IBD dalam
perguruan tinggi.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1Ilmu Budaya Dasar Sebagai Salah Satu MKDU
A. Pengertian Ilmu Budaya
Dasar
Ilmu budaya
dasar adalah suatu ilmu yang mempelajari dasar dasar dan pengertian
tentang konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah kebudayaan.
Istilah IBD dikembangkan di Indonesia sebagai pengganti istilah Basic
Humanities yang berasal dari istilah bahasa Inggris The Humanities. Adapun
istilah Humanities itu sendiri berasal dari bahasa Latin Humanus yang bisa
diartikan manusiawi, berbudaya dan halus (refined). Dengan mempelajari The
Humanities diandaikan seseorang akan bisa mcnjadi lebih manusiawi, lebih
berbudaya dan lebih halus.
Secara umum pengertian kebudayaan adalah merupakan jalan atau arah didalam bertindak dan berfikir untuk memenuhi kebutuhan hidup baik jasmani maupun rohani.
Secara umum pengertian kebudayaan adalah merupakan jalan atau arah didalam bertindak dan berfikir untuk memenuhi kebutuhan hidup baik jasmani maupun rohani.
B.
TUJUAN IBD
Penyajian mata kuliah ilmu budaya dasar tidak lain merupakan usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Dengan demikian mata kuliah ini tidak dimaksudkan untuk mendidik ahli-ahli dalam salah satu bidang keahlian yang termasuk didalam pengetahuan budaya (the humanities) akan tetapi IBD sebagai salah satu usaha untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan kritikalnya terhadap nilai-nlai budaya, baik yang menyangkut orang lain dan alam sekitarnya, maupun yang menyangkut dirinya sendiri
Berpijak dari hal diatas, tujuan utama mata kuliah ilmu budaya dasar adalah untuk mengembangkan kepribadian dan wawasan pemikiran, khususnya berkenaan dengan kebudayaan, agar daya tangkap, persepsi dan penalaran mengenai lingkungan budaya mahasiswa
Penyajian mata kuliah ilmu budaya dasar tidak lain merupakan usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Dengan demikian mata kuliah ini tidak dimaksudkan untuk mendidik ahli-ahli dalam salah satu bidang keahlian yang termasuk didalam pengetahuan budaya (the humanities) akan tetapi IBD sebagai salah satu usaha untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan kritikalnya terhadap nilai-nlai budaya, baik yang menyangkut orang lain dan alam sekitarnya, maupun yang menyangkut dirinya sendiri
Berpijak dari hal diatas, tujuan utama mata kuliah ilmu budaya dasar adalah untuk mengembangkan kepribadian dan wawasan pemikiran, khususnya berkenaan dengan kebudayaan, agar daya tangkap, persepsi dan penalaran mengenai lingkungan budaya mahasiswa
dapat menjadi lebih
halus. Untuk bisa menjangkau tujuan tersebut IBD diharapkan dapat :
- Mengusahakan kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan
budaya, sehingga mereka lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan yang
baru, terutama untuk kepentingan profesi mereka.
- Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk memperluas
pandangan mereka tentang masalah kemanusiaan dan budaya serta
mengembangkan daya kritis mereka terhadap persoalan-persoalan yang
menyangkut kedua hal tersebut.
- Mengusahakan wahana komunikasi para akademisi agar
mereka lebih mampu berdialog satu sama lain. Dengan
memiliki satu bekal yang sama, para akademisi diharapkan akan lebih lancer
dalam berkomunikasi.
C. Kelompok Ilmu Pengetahuan
Untuk mengetahui ilmu
budaya dasar sebagai kelompok ilmu penetahuan oleh Prof.Dr.Harsya Bachtiar yang
mengatakan bahwa ilmu dan pengetahuan dikelompokkan menjadi 3(tiga), yaitu :
1. Ilmu-ilmu
Alamiah ( natural science )
Ilmu yang bertujuan
mengetahui keteraturan hukum yang terdapat di alam semesta ini, ilmu ini
menentukan analisis yang digeneralisasikan untuk mencari prediksi. Ilmu
ini tidak mungkin 100% benar dan 100% salah, kelompok ilmu alamiah yaitu :
astronomi,fisika,kimia,biologi,kedokteran dan mekanik
2. Ilmu-ilmu
Social ( social science )
Ilmu yangmempelajari
interaksi/hubungan antara manusia. Dan ilmu ini tidak mungkin 100% benar,
hampir mendekati kebenarannya,kelompok ilmu sosiologi yaitu :
sosiologi,politik,demografi,psikologi,antropologi sosial,sosiologi hukum.
3. Pengetahuan
budaya (the humanities)
Pengetahuan budaya
bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat
manusiawi. dalam hal ini, metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan
pernyatan-pernyataan yang bersifat unik diunakan dan kemudian diberi arti. Pada
umumnya semua itu terdapat tulisan-tulisan dan tidak ad sangkut pautnya dengan
metode yang bersifat ilmiah
D. PERSAMAAN DAN PERBEDAAN IBD DAN IPS
I. Persamaan antara IBD dan IPS
Persamaan dari keduanya
antara lain adalah :
· Keduanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program
pendidikan atau pengajaran
· Keduanya bukan merupakan disiplin ilmu yang berdiri sendiri
· Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan
sosial dan permasalahan sosial
1. Perbedaan antara IBD dan
IPS
Perbedaan antara Ilmu Budaya Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial,
yaitu :
·Ilmu Budaya Dasar diberikan pada tingkat perguruan tinggi
sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan pada tingkat pendidikan dasar
maupun tingkat pendidikan lanjutan menengah pertama sampai menengah atas.
·Ilmu Budaya Dasar merupakan matakuliah tunggal artinya tidak
memiliki kelompok mata pelajaran sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial adalah
kelompok dari sejumlah mata pelajaran
diantaranya Sejarah, Ekonomi, Geografi, Sosiologi, dan lain-lain.
· Ilmu Budaya Dasar bertujuan untuk memberikan pengetahuan
dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk
mengkaji masalah manusia dan kebudayaan sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial
bertujuan untuk pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual.
E. RUANG LINGKUP IBD
Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar
Bertitik tolak dalam kerangka tujuan yang telah ditetapkan, dua
masalah pokok bisa dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang
lingkup kajian mata kuliah IBD (Ilmu Budaya Dasar), kedua masalah pokok itu
adalah :
- Berbagai
aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusian dan
budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (The
Humanities), Baik dari segi masing-masing keahlian (Disiplin), didalam
pengetahuan budaya, maupun secara gabungan (Antar Bidang) berbagai
disiplin dalam pengetahuan budaya.
- Hakekat
manusia yang satu atau universal, akan tetapi yang beraneka ragam
perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing zaman dan tempat.
Kedua Pokok masalah yang bisa dikaji dalam mata kuliah IBD (Ilmu
Budaya Dasar), Nampak jelas bahwa manusia menepati posisi sentral dalam
pengkajian.
Manusia tidak hanya sebagai objek pengkajian, bagaimana hubungan
manusia dengan alam, dengan sesama, dan bagaimana pula hubungan sang pencipta
menjadi tema sentral dalam IBD, pokok-pokok bahasa yang dikembangkan adalalah:
- Manusia Dan Harapan
- Kepercayaan
- Harapan
- Manusia
Dan Kegelisahan
- Keterasingan
- Kesepian
- Ketidakpastian
- Manusia
Dan Tanggung Jawab Serta Pengabdian
- Kesadaran
- Pengorbanan
- Manusia
Dan Pandangan Hidup
- Cita-Cita
- Kebijakan
- Manusia
Dan Cinta Kasih
- Kasih
Sayang
- Kemesraan
- Pemujaan
- Manusia
Dan Keindahan
- Renungan
- Kehalusan
- Manusia
Dan Penderitaan
- Rasa
Sakit
- Siksaan
- Kesengsaraan
- Manusia
Dan Keadilan
- Kejujuran
- Pemulihan
Nama Baik
BAB III
KESIMPULAN
KESIMPULAN
3.1 KESIMPULAN
a) Ilmu Budaya Dasar” adalah suatu pengetahuan yang menelaah
berbagai masalah kemanusiaan dan budaya, dengan menggunakan
pengertian-pengertian yang berasal dari dan telah dikembangkan oleh berbagai
bidang pengetahuan keahlian yang tergolong dalam Pengetahuan Budaya.
b) Kebudayaan adalah hasil buah budi manusia untuk mencapai
kesempurnaan hidup. Dan budaya adalah daya dari budi yang berupa cipta, karsa
dan rasa.
c) Latar belakang ilmu budaya dasar bermula dari kritik yang
diberikan oleh sejumlah cendikiawan mengenai system pendidikan kita yang
dinilai sebagai warisan system pendidikan pemerintahan Belanda pada masa
penjajahan dengan tujuan menghasilkan tenaga terampil dalam bidang
administrasi, perdagangan, teknik,dan keahlian lain demi kelancaran usaha
mereka dalam mengeksploitasi kekayaan Negara kita. Padahal pendidikan itu
seharusnya lebih ditujukan untuk menciptakan kaum cendikiawan daripada mencetak
tenaga yang terampil. Para lulusan perguruan tinggi diharapkan dapat berperan
sebagai sumber utama bagi pembangunan Negara secara menyeluruh. Dari mereka
diharapkan adanya sumbangan ide bagi pemecahan masalah social masyarakat yang
sangat kompleks dan berkaitan satu dan lain, dan juga dalam masalah budaya. Ruang lingkup Ilmu Budaya Dasar terdiri dari:
- Manusia
dan cinta kasih
- Manusia
dan keindahan
- Manusia
dan penderitaan
- Manusia
dan keadilan
DAFTAR PUSAKA
http://diankusumawatit7.blogspot.co.id/2015/03/ilmu-budaya-dasar-sebagai-salah-satu.html
http://antusiasina.blogspot.co.id/2013/11/makalah-ilmu-budaya-dasar-manusia-dan.html
https://rendyaprian21.wordpress.com/2015/04/14/pengertian-tujuan-dan-ruang-lingkup-ilmu-budaya-dasar/
https://wahyusetyoajie.wordpress.com/2011/11/28/persamaan-dan-perbedaan-ibd-dan-ips/
http://antusiasina.blogspot.co.id/2013/11/makalah-ilmu-budaya-dasar-manusia-dan.html
https://rendyaprian21.wordpress.com/2015/04/14/pengertian-tujuan-dan-ruang-lingkup-ilmu-budaya-dasar/
https://wahyusetyoajie.wordpress.com/2011/11/28/persamaan-dan-perbedaan-ibd-dan-ips/
Komentar
Posting Komentar